Persiapan Menuju Usia 45 Tahun

Usia 45 tahun keatas sudah tidak usah fokus memburu kuliner…perbanyak rekreasi saja…
(Prof. Dr. dr. Bhenny Karim, SpPD-KR. Guru Besar FK UGM)

Untuk Saudara-saudaraku yg telah ber usia 45 tahun ke Atas , lebih-lebih disiplin jaga kesehatan

Proses Penuaan (aging), Sudah Mulai Sejak usia 32 tahun, dengan mulainya Penurunan Fungsi Organ-Organ (Seperti Ginjal, Lever, Anak Ginjal, Hypophyse dsb.nya) dan
Penurunan Hormon-Hormon (Seperti Testosteron, Growth Hormon, Coenzym Q10, Melatonin dan Antioxydan).

Pada wanita usia 45 tahun mulai penurunan Estrogen. Pada pria penurunan Hormon Progesteron dan Testosteron.

Penuaan adalah suatu penyakit yg berLangsung kronis yang sebenarnya tidak dapat di cegah , di obati dan di kembalikan menjadi muda.

Penuaan Bukanlah Hukuman , tetapi Akibat Titah dari Gen.

Beberapa Penyakit yang muncul akibat proses penuaan, adalah:
1. Osteoporosis.
2. Metabolik Syndrome, dgn Akibat Penyakit Cardiovasculer (seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner dan Hypertensi Renal).
3. Cancer (seperti Payudara, Colorectal/Usus, Prostat, Ovarium).
4. Alzeimer (Pikun).
5. SD (Sexual Dysfunction).

Apasaja yang harus dilakukan?

  1. Bergerak.
    Jalan kaki 3 s/d 5 km/hari) dapat MenCegah Osteoporosis (Rapuh Tulang) dan Hypertensi.

2. Senam Olah Nafas.
Seperti Pranayama, Orhiba, Cikung, Yoga, dsb 2x / Minggu. Paru-paru perlu latihan Deep breathing/maximal breathing, untuk meningkatkan Aliran Darah di alveoli, menguras CO2.

3. Kurangi Karbohidrat.
Cukup Protein, Buah dan Sayur.

4. Jaga Berat Badan.
Bobot Ideal Pria ( Tinggi Badan diKurangi 100 ) , Wanita ( Tinggi Badan diKurangi 110 ).
Lingkaran perut tak boleh lebih 80 cm untuk wanita, 90 cm untuk Pria.
BMI Tak Boleh Lebih 30 kg/m2.

5. Tekanan Darah Tidak Boleh Lebih 140/90.
Cek Tensi Tiap Minggu.

6. Kadar Gula Darah Puasa Tidak Boleh Lebih 110, Trigliserida 150, HDL Harus Lebih 50.
Jadi Cek Darah Max Tiap 6 Bulan.

7. Wanita MAMMOGRAFI dan PAP SMEAR setiap 1 tahun.
Deteksi dini Kanker Serviks dan Payudara.

8. Istirahat Cukup.

  • Tidur 6 jam seBisanya mulai jam 10 malam, lampu mati (merangsang Growth Hormon).
    Jangan Makan 3 jam Sebelum tidur (Mencegah GERT, Mencegah Sesak).
  • Bantal Pendek (Meningkatkan Oksigenasi otak).
  • Miring ke Kanan (mengurangi beban jantung).

9. Kurangi Stress.
Jangan bekerja di Luar Kapasitas/KeMampuan. Perbanyak rasa syukur , doa atau meditasi , senantiasa :

  • Perbaiki kualitas ibadah , iman , sosial dan hiburan yg positif .
  • Perbanyak saat kumpul-kumpul , ngobrol-ngobol santai , canda ria , silaturahim atau berkumpul dengan keluarga dan sahabat juga teman-teman.
  • Tidak boleh marah-marah atau emosional , buang jauh-jauh hal-hal yang berpotensi membuat sedih/kasus ( hukum/permusuhan) , bahkan hadapilah segala hal dengan senyum bahagia.

Salam dari kota kecil. See you in the next article.

Sudi para Reader untuk mampir dan bersilaturahmi via :

Advertisements

5 thoughts on “Persiapan Menuju Usia 45 Tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s